September 27, 2020

PKS SULTRA

BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

Soroti Pembangunan Halte yang Mubazir, Sudirman : Pemborosan Anggaran

TenggaraNews.com, KENDARI – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sudirman menyoroti keberadaan halte bus yang tak bermanfaat. Sehingga, asset tersebut terkesan mubazir dan dinilai bagian dari pemborosan anggaran.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan, halte tersebut dibuat tanpa disertai pengaturan dengan menyesuaikan rute bus yang ada. Menurut dia, halte ditempatkan di lokasi-lokasi yang tidak strategis.

“Ini merupakan pemborosan yang merugikan daerah, sayang sekali duit milyaran dipakai buat pekerjaan yang hampir tidak memiliki manfaat. Bahkan, kondisi aset tersebut saat ini sangat memprihatikan karena tidak adanya perawatan dan terkesan kumuh,” ungkapnya, Selasa 28 Januari 2020.

Padahal, lanjutnya, masih banyak pelabuhan yang membutuhkan perhatian serius. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui Dinas Perhungan (Dishub) justru lebih memilih membangun halte yang cenderung tak dimanfaatkan.

“Apalagi anggarannya yang cukup fantastis. Ini menjadi evaluasi kita kedepannya untuk dapat lebih selektif dalam setiap program yang diajukan oleh dinas, jangan sampai program-program mubazir seperti ini tidak terulang lagi,” ujar Sudirman.

Untuk itu, Komisi II akan menyampaikan kepada dinas terkait saat rapat koordinasi nanti, agar memperhatikan dan merawat apa yang telah mereka kerjakan.

“Terkait masalah anggaran yang digunakan dengan hasil pekerjaan, nanti dari pihak inspektorat dan BPK yang memeriksa itu semua,” jelasnya.