October 31, 2020

PKS SULTRA

BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

PKS Tunjuk Asrin Gantikan Rasyid di DPRD Sultra

KENDARI, INIKATASULTRA.com –Rasyid yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) 2020, kini digantikan oleh pilihan dari Partai Keadilan sejahtera (PKS) yakni Asrin.

Asrin menggantikan Rasyid yang memiliki Daerah Pemilihan (Dapil) Konsel-Bombana melalui Pergantian Antar Waktu (PAW).

Plt Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sultra, Yaudu Salam Ajo menerangkan jika pengganti Rasyid berdasarkan mekanisme PAW, yaitu Caleg yang perolehan suaranya terbanyak berikutnya pada Pileg lalu.

Yaudu menjelaskan jika proses ini diatur pada UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) No 17 tahun 2015. Pasal 242 menyebut, anggota DPR yang berhenti antar waktu digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada dapil yang sama.

“Dari perhitungan suara di KPU kan sudah jelas perolehan suara ke dua (Asrin),” kata Yaudu, Jumat (2/10/2020).

Mantan anggota DPRD Sultra ini menegaskan, proses PAW sudah ia tandatangani dan melalui sekretarisnya menyerahkan ke Sekretariat DPRD Sultra untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sedang di proses oleh DPRD,” tutupnya.

Untuk diketahui, adapun urutan perolehan suara untuk PKS di dapil tersebut berdasarkan yang tampak dari situs KPU untuk Pemilu 2019, yakni setelah Rasyid yang berada diurutan pertama dengan meraih 16.697 suara, ada nama Asrin, S.Pd.I yang meraih 987 suara diurutan kedua.

Selanjutnya berturut berdasarkan raihan suara ada M. Aras Tarika dengan 785 suara, Laoke, S.H.I. 642 suara, Baiq Saidah Har, S.Sos. I., M.Pd.I 528 suara, Sabir Munandar, S.T. 289 suara, Purwati 247 suara, Rosida R 164 suara.

Sementara Rasyid mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati di Konsel mendampingi petahana Surunuddin Dangga. Pasangan yang berakronim SUARA di Pilkada Konsel 2020 didukung lima partai politik yakni Partai Golkar, PKS, PKB, NasDem, dan PBB. (**)