September 22, 2020

PKS SULTRA

BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

Belajar Dari Krisis 98, PKS: Saat Pandemik Covid-19 Pemerintah Harus Kuatkan UMKM

Ketua DPP Partai Keadilan Sejaterah Mardani Ali Sera mengingatkan pemerintah untuk dapat mengatasi masalah perekonomian akibat dampak negatif dari pandemik Coronavirus Disease (Covid-19).

Menurutnya, pemerintah saat ini perlu belajar dari sejarah ketika menghadapi krisis ekonomi di Indonesia.
“Kita perlu belajar dari sejarah, ketika krisis 1998, yang menjadi safety net dan menjaga agar Indonesia tidak jatuh ke jurang perekonomian adalah UMKM dan sektor informal. Di tengah Covid-19 yang kian merebak, seharusnya yang menjadi fokus pemerintah yakni perkuat UMKM dan lapisan bawah,” kata Mardani dalam akun media sosialnya, Jumat (10/4).

Dia mengatakan, pemerintah harus menyiapkan peta jalan penanganan mengenai industri dalam negeri agar kuat dan semuanya memiliki akses pemasan hingga pemodalan.
“Samakan standar kualitasnya agar barang yang dihasilkan dapat diekspor. Semua ini dapat diwujudkan jika kita serius membangun UMKM,” tambahnya.

Elite politik PKS ini juga meminta agar pembahasan Omnibus Law Rancangan Undang Undang Cipta kerja dihentikan dan fokus untuk menangani rontoknya ekonomi domestik akibat sentimen Covid-19.

“Terakhir, mari hentikan pembahasan Omnibus Law ini dan fokus untuk memperkuat UMKM. Jadikan masyarakat Indonesia aset utama. Program 1 rumah 1 pengusaha, 1 desa 1 produk dan turunannya harus serius dikembangkan. Covid 19